Teknopreneur.com – Anda selaku orang tua mungkin terkadang akan kesal, apabila sang anak tidak mau belajar dan lebih memilih bermain game. Munkin ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan semangat belajar si anak, Apakah dalam proses belajarnya  menggunakan cara-cara menyenangkan yang membuat si anak betah belajar? Lalu apakah media yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi si anak dalam menyerap dan memahami materi pelajaran yang diberikan?

Untuk memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, yakni sebuah aplikasi latihan soal bernama e-Tryout telah hadir di Indonesia dan menyediakan lebih dari 400.000 data soal. Latihan soal tersebut dapat digunakan untuk  berbagai kepentingan tes, mulai dari Pendidikan SD, SMP, SMA, SBMPTN, sampai ujian kepegawaian CPNS, UKG, TOEFL, Bahasa Asing, Psikotes, juga  Ujian Teori SIM, dan lainnya.

Selain latihan soal, e-Tryout juga menyediakan fitur review hasil belajar, statistik, raport dan share hasil belajar via sosial media & email. Melalui fitur review hasil belajar, siswa dapat lebih mudah untuk mencocokkan kembali soal soal yang telah dijawab dengan kunci jawaban yang tersedia. Selain itu, pada fitur statistik & raport pengguna dapat lebih mudah untuk mengetahui laporan hasil belajarnya mulai dari nilai rata-rata yang didapat, seberapa sering mengerjakan latihan soal dan sebagainya yang dikemas dalam bentuk laporan harian, bulanan.

Dengan tampilan yang menarik dan mudah dalam penggunaanya, sehingga membuat e-Tryout juga dapat digunakan pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Selain itu, kelebihan dari aplikasi ini adalah anda tidak perlu terkoneksi internet, karena menggunakan internet hanya ketika mengunduh latihan soalnya saja. e-Tryout bisa Anda dapatkan dengan mengunduh dan instalasi aplikasi tersebut melalui Android dan Windows PC.

Setelah melakukan instalasi, Anda diharuskan membuat akun terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke proses belanja soal (download soal). Ketika sudah terdaftar, Anda akan mendapatkan bonus saldo 200 soal yang dapat digunakan untuk download atau belanja sebanyak 200 soal (sistem saldo). Jika saldo soalnya habis Anda diharuskan membeli voucher saldo yang bisa didapatkan dengan membelinya di Indomaret via UniPin, warnet via IndoMOG, GudangVoucher.com dan Transfer Bank, untuk kemudian dapat ditukarkan menjadi saldo soal e-Tryout.

Pada akhir bulan Maret lalu, PT Alfasoft melakukan soft-launching e-Tryout dan memperoleh sambutan positif dari berbagai pihak seperti orang tua, guru dan siswa. Dengan semua fitur dan keunggulannya, e-Tryout diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar secara efektif dan menyenangkan.