Teknopreneur.com – Laptop merupakan komputer tipis yang memiliki kemampuan yang sama dengan komputer biasa ini perlu dijaga, dan dirawat dengan baik. Meskipun laptop telah banyak dimiliki orang, namun seringkali pengguna mengabaikan perawatan. Sehingga banyak ditemukan laptop yang seringkali mudah panas saat beberapa menit dinyalakan, untuk menghindari hal tersebut Teknopreneur mencoba memberikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Salah satu penyebab yang membuat laptop kita panas bukan hanya faktor dari dalam, melainkan dari luar juga dapat berpengaruh. Salah satunya adalah, terlalu seringnya laptop Anda di taruh di bawah permukaan yang empuk seperti kasur dan bantal atau bahkan menaruh laptop di atas paha pun ini akan cukup berpengaruh pada processor di dalamnya. Karena sirkulasi udara di dalam laptop akan lebih cepat panas, hal inilah yang menjadi penyebab laptop kita menjadi mudah panas.

Jangan menyalakan laptop di dalam ruangan yang sangat tertutup dan sempit. Ruangan yang minim angin akan menyebabkan laptop kita cepat panas, saran penulis usahakan cari tempat yang cukup terbuka. Alternatifnya nyalakan kipas angin atau pendingin ruangan, karena ini akan cukup berengaruh untuk kestabilan kipas yang ada di dalam laptop Anda.

Penulis sarankan agar Anda menggunakan cooling pad ini akan membantu laptop Anda tidak cepat panas, karena angin yang berputar yang berada di bawah laptop akan langsung mengeluarkan udara panas di dalam laptop Anda.

Bijaklah dalam menggunakan laptop, biasanya secara normal laptop akan bekerja secara baik antara empat hingga lima jam. Matikan laptop selama satu atau dua jam untuk mendinginkan secara penuh mesin yang ada di dalam laptop, penggunaan yang berlebihan dan berjam-jam akan membuat mesin laptop Anda menjadi lebih cepat panas.

Rajin-rajinlah melakukan pembersihan secara berkala pada laptop Anda, terutama lubang sirkulasi udara yang terdapat pada lubang laptop Anda. Ini akan membantu kelancaran sirkulasi udara saat laptop sedang dalam posisi on.

Demikian tips dari Teknopreneur tentang merawat laptop agar tidak cepat panas.