Teknopreneur.com – Teknologi informasi dan komunikasi bukan barang baru di era yang serba canggih ini, berbagai peralatan pun berhasil dicipatakan. Robotpun tidak luput dari kemajuan zaman ini, akan tetapi banyak hal yang belum bias dilakukan oleh robot. Tidak terkecuali menangakap barang di udara, akan tetapi  robot ini berhasil menangakap benda terbang.

Dengan empat -jari , tangan tiga bersendi , sebuah robot baru bisa menangkap bola , botol atau raket tenis ketika dilemparkan ke arahnya  dalam waktu kurang dari lima per seratus detik , peneliti melaporkan hari ini ( 12 Mei ) di jurnal IEEE transaksi di Robotika . Cepat – bereaksi anggota badan robot memiliki banyak potensi aplikasi . Mereka dapat digunakan pada satelit untuk membersihkan beberapa sampah ruang di orbit , atau mobil untuk menjangkau dan istirahat dampak .

” Semakin hadir dalam kehidupan kita sehari-hari dan digunakan untuk melakukan berbagai tugas , robot akan dapat menangkap baik atau menghindari objek yang kompleks dalam gerak penuh , ” Aude Billard , kepala tim di École Polytechnique Federale de Lausanne ( EPFL ) yang mengembangkan lengan , mengatakan dalam sebuah pernyataan . [ Lihat Video dari Robot Arm Penangkapan in Action di http://www.livescience.com/45528-robot-arm-catches-flying-objects.html]

Untuk mencapai respon yang cepat tersebut , peneliti mengambil inspirasi dari metode pembelajaran manusia imitasi , dan trial and error . Mereka menggunakan teknik yang disebut ” pemrograman dengan demonstrasi , ” di mana robot itu tidak diberikan instruksi khusus . Sebaliknya , para peneliti secara manual dipandu lengan ke posisi penangkapan beberapa kali , sampai robot belajar untuk pindah ke posisi itu sendiri. Lengan robot sudah digunakan sebagai bagian dari proyek Clean – mE EPFL untuk mengembangkan teknologi untuk memulihkan dan membuang sampah antariksa yang mengorbit bumi , kata para peneliti .