Teknopreneur.com – Setelah 9 tahun berkiprah di industri IT Indonesia, akhirnya pada tahun 2014 Gamatechno berkesampatan untuk memperkenalkan sebuah brand dan konsep baru yang diberi nama “gtSmartCity Solution”.

Muhammad Aditya A N Direktur Utama Gamatechno menjelaskan tujuan pelaksanaan launching ini untuk menawarkan sebuah konsep kepada masyarakat dalam hal pelayanan yang efektif dan efisien. Gamatechno membaginya dalam 4 segmentasi, yakni Academic, Lifestyle, Transportation, dan Government. Ke empat segmen tersebut ditenggarai sebagai aktivitas yang saling terkait sehingga sangat memungkinkan membuatnya menjadi terintegrasi dalam sebuah sistem.

Dalam Segmen Academic atau perguruan tinggi Awaludin Zakaria selaku Academic Segment Manager mengatakan yang menjadi produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Mulai dari awal masuk kuliah sampai menjadi alumni, yaitu gtAdmisi, gtFinansi Pembayaran, gtRegistrasi, gtAkademik, gtFinansi, gtPLo, gtSDM, gtAset, gtPustaka, gtRiset, gtPlagiarismTest, gtBeasiswa, dan terakhir gtAlumnikarir.

Untuk segmen pemerintahan, Taufik Suryawan Edyna selaku Government Segment Manager menjelaskan Gamatechno berfokus pada pengembangan  sistem perijinan satu atap, sistem informasi aspirasi masyarakat, serta pengembangan portal website daerah dengan konsep citizen centric, yakni gtPerizinan, Aplikasi Jembatan Timbang, dan gtAspirasi.

Sementara di segmen transportasi, Gamatechno berfokus pada pengembangan  sistem transportasi Cerdas (Intelligent Transport System). Merupakan solusi sistem tiket elektronik berbasis teknologi contactless smartcard.

“Sistem ini tepat digunakan sebagai tiket Bus Rapid Transit (BRT), theme park, maupun live-event,” ucap Alvonsius Albert Naipupu selaku Transportation Segment Manager.

A. Toto Priyono selaku Lifestyle Segment Manager mengatakan pada segmen Lifestyle, Gamatechno memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti gtFinance yang bertujuan mempermudah pemilik atau pengelola perusahaan dalam mengalokasikan dan mengontrol anggaran.

Selain produk software untuk masing-masing segmen di atas, Gamatechno melengkapi produk lain  bagi para pelanggan yang dikelola dibawah AINO System Integration, merupakan anak perusahaan Gamatechno yang bergerak dibidang teknologi, berupa smartcard, RFId, dan Mobile NFC dengan sistem tiket elektronik dan e-Money, sistem identitas serta sistem keanggotaan elektronik.