Teknopreneur.com – Dalam mengantisipasi bencana pastinya memerlukan sosialisasi untuk mencegah dampak terburuk bencana khususnya daerah rawan bencana. Dengan kemajuan teknologi pada zaman sekarang ini banyak inovasi bermunculan demi membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana. Salah satunya adalah sebuah aplikasi yang diberi nama “Quick Disaster”. Aplikasi ini diklaim memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana.

Tim riset mahasiswa UGM yang terdiri dari lima orang, yakni Daniel Oscar Baskoro, Zamsyari, Bahrunur, Sabrina Anggraini, dan Maulana Rizki didaulat sebagai penemu sekaligus pengembang aplikasi berbasis cloud ini. Akan tetapi, aplikasi ini hanya dapat diakses melalui kacamata pintar Google Glass. “Pemilihan Google Glass sebagai perangkat untuk aplikasi yang kami buat karena informasi yang ditampilkan perangkat itu jauh lebih cepat dan ringkas ketimbang menggunakan perangkat mobile,” kata Daniel.

Dengan kemampuan visualnya dipastikan dapat  menampilkan langkah-langkah antisipasi 9 macam bencana, yakni erupsi gunung berapi, tanah longsor, angin topan, gempa bumi, hujan abu vulkanik, banjir, kebakaran  hingga tsunami. “Kita berpikir suatu saat perangkat digital akan melekat pada tubuh manusia seperti halnyajam pintar atau gelang pintar,” ucap Daniel, seperti yang dilansir dari laman resmi UGM.

“Quick Disaster diharapkan bisa membantu masyarakat dalam langkah awal antisipasi saat terjadi bencana,”ucap Sabrina Anggraini. Untuk saat ini “Quick Disaster” masih dalam tahap riset dan pengembangan, karena beberapa fitur masih perlu disempurnakan.

 

Sebagai penutup Sabrina menambahkan, “aplikasi ini akan dipresentasikan dalam konferensi internasional di Eropa dan Amerika”