Teknopreneur.com – Indonesia ternyata mempunyai beberapa perusahaaan manufaktur yang sudah diakui dunia. Perusahaan industri yang dimiliki orang Indonesia ini menghasilkan berbagai peralatan rumah tangga sampai jok untuk kendaraan bermotor. Tak hanya didesain secara elegan dan indah, kerangka berbagai furniture yang dibuat juga sudah mengandalkan teknologi dalam pembuatannya.

Salah satu karya anak bangsa yang dipamerkan dalam Pameran Produk dalam Negeri di Lapangan Enggal, Bandarlampung ini adalah jok motor. Pembuatan jok motor ini merupakan hasil karya yang memadukan teknologi dan inovasi. Bahan pembuatan produk ini terbuat dari bahan-bahan pilihan dengan kualitas terbaik, seperti poliester, polypropylene, acrylic, dan rayon. Bahan fiber yang dipakai berasal dari bamboo dan tak jarang menggunakan bahan daur ulang. Hal ini dilakukan sebagai usaha menjaga lingkungan. Beberapa karya lain seperti kursi santai didesain menggunakan kayu terbaik dan diolah dengan mesin canggih.

Berbagai barang yang merupakan brand ternama dan sudah mendunia diperkenalkan dalam pameran tersebut. Perwakilan Kementerian dalam Negeri, Canny Lestari yang ditemui di salah satu stand mengatakan pameran ini bertujuan untuk memotovasi mayarakat Indonesia untuk berinovasi. Menurutnya, produk Indonesia sebenarnya sudah diakui oleh dunia. Selain berkualitas, karya Indonesia juga cenderung lebih murah sehingga digandrungi oleh orang luar negeri. Namun, menurutnya belum banyak masyarakat Indonesia yang berani menjual produknya ke luar negeri. “Indonesia berpotensi menjual barang ke luar negeri. Kita sudah punya teknologi dan komunikasi yang baik,” ujarnya.

Ia berharap pameran ini dapat membuka mata pengunjung untuk melahirkan berbagai ide baru. Menurutnya, Indonesia masih bias bersaing di kancah dunia. Usai menggelar pemeran di Lampung, Kemendagri akan melanjutkan road show ke berbagai daerah, daiantaranya Porwokerto dan Semarang.