Teknopreneur.com – Satu jepretan kamera ternyata lebih bisa menceritakan sebuah peristiwa dibandingkan dengan tulisan yang panjang lebar. Tak heran jika peminat fotografi di Indonesia semakin meningkat.  Tercatat di salah satu komunitas fotografi di Indonesia, Fotografer.Net terdapat  155.721 member yang terdaftar sebagai anggota. Jadi bisa dipastikan pecinta fotografi di Indonesia melebihi angka tersebut karena bukan hanya Fotografi net yang merupakan komunitas fotografi di Indonesia.

Dengan meningkatnya jumlah pecinta fotografi maka meningkat pula jumlah permintaan terhadap kamera. Dgital Single Lens Reflex misalnya, permintaannya tetap tinggi meski kini kamera smart phone dan kamera digital miroless yang kini membanjiri market Indonesia.  Dari segi teknologi  kamera smart phone ukuran pixelnya ada yang mencapai 48 pixel sedangkan kamera DSLR rata-rata mencapai  39 pixel. Namun kekurangan kamera smart phone adalah fiturnya tak selengkap DSLR jadi tak bisa untuk pecinta fotografi profesional.

Saingan terbaru DSLR adalah Mirrorless.Kamera yang bentuknya mirip dengan DSLR namun ukurannya lebih ringan sehingga mudah dibawa kemana saja ini kini menjadi idola tersendiri.  Kecepatan burst shutter pun jauh lebih cepat bisa mencapai 60 fps dibandingkan dengan DSLR. Karena tidak adanya cermin dan penta prisma otomatis sehongga sistem mekanisne tutup buka cermin tidak ada.

Teknologi kamera yang booming di tahun 2004 ini pun sudah ada yang setara dengan kamera DSLR yakni bisa mengkomposisikan obyek fotografi yang sulit saat berada dibawah sinar matahari yang sangat terik. Karena sudah ada teknologi viewfinder. Harga miroless di pasaran pun jauh diatas DSLR, sekitar 20 jutaan. Sedangkan DSLR yang standar bisa diraih dengan harga 5 jutaan. Bagi pecinta fotografi semakin mahal harga kamera maka semakin tinggi pula kualitas jepretan sehingga bagi penggila fotografi tak akan segan-segan untuk meraih kocek yang tinggi.

Namun jangan salah kaprah, DSLR tetap memiliki idola sendiri. Fotografer Indonesia yang sudah go Internasional, Jerry Aurum saat menghadiri acara launching kamera DSLR Canon 1200 mengatakan. Kamera DSLR dan Kamera miroless bukan hanya memiliki keunggulan masing-masing. Namun mereka punya idolanya masing-masing, ibarat motor gede dengan motor sport ada yang fansnya masing-masing. Namun Jerry menyarankan untuk orang yang benar-benar ingin profesional di bidang fotografi maka disarankan menggunakan kamera DSLR karena ada tahapan-tahapan dari pemula hingga profesional.