Teknopreneur.com – Masih banyak kategori penyakit saat ini yang sukar sekali untuk diobati apabila telah mengidap penyakit tersebut, salah satunya yaitu Diabetes. Tetapi anda tidak perlu khawatir dimana ada usaha pasti ada jalan (Begitu kata orang bijak), mungkin anda masih belum sadar kebiasaan anda sehari – hari justru bisa mengurangi risiko diabetes yaitu kebiasaan minum kopi.

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di Harvard School of Public Health di Boston , MA , telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi kopi dapat mengurangi diabetes tipe 2. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia , menyelidiki apa diabetes tipe 2 sejauh mungkin dipengaruhi oleh konsumsi kopi .

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang meningkatkan asupan kopi mereka dengan lebih dari satu cangkir sehari ( rata-rata , meningkat 1,69 cangkir per hari ) selama periode 4  tahun memiliki tipe 11 % lebih rendah risiko diabetes tipe 2 selama 4 tahun berikutnya , dibandingkan dengan orang yang tidak mengubah asupan mereka.

Kopi tentunya mengandung senyawa kimia yaitu  – senyawa fenolik dan lignan – yang dapat meningkatkan metabolisme glukosa , menurut Bhupathiraju . Dia menambahkan bahwa kopi kaya akan magnesium , yang juga dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes tipe 2. Tentunya dalam hal ini anda perlu mengetahui jenis kopi yang hendak di komsumsi untuk mengurangi risiko diabetes.  

Jenis Kopi yang terlibat dalam penelitian ini yaitu delapan ons sederhana kopi hitam yang mengandung sekitar 100 miligram kafein dalam satu cangkir. Untuk diabetes tipe dua mengkonsumsi lebih dari 2 cangkir per hari akan mengurangi risiko tersebut. Shilpa Bhupathiraju, salah satu peneliti dari Harvard School of Public Health sekaligus penulis utama studi mengatakan “ Selama kopi tidak memberikan anda tremor, tidak membuat anda gelisah, dalam hal ini kopi terkait dengan banyak manfaat kesehatan”.