Teknopreneur.com – Pernah bingung karena barang pesanan online belum sampai? Permasalahan ini bisa diatasi oleh Pengirim.com. Ide ini lahir dari adanya permasalahan banyaknya toko online kesulitan mengelola ratusan bahkan ribuan resi dari berbagai agen pengiriman yang berbeda. Hal ini menyebabkan pelayanan toko online terhadap pelanggan pun tidak maksimal. Sehingga pelanggan merasa diabaikan. Sistem Pengirim.com diprakasai oleh tiga orang pemuda dari Universitas Telkom yang tertarik di bisnis online. Mereka adalah Adhiguna Utama Sabril, Adnan Hidayat, dan Fariz Sofyan.

Menurut Faris saat ini kebanyakan orang yang menggunakan FB, twitter, instagram sebagai media penjualan online, memiliki kemampuan yang terbatas memasukan sistem lacak resi ke webnya.

“Banyak toko online yang kurang mengerti  tentang IT,” ucap Faris dalam persentasi penjurian Indigo Incubator 2014.

Pengirim.com memudahkan pelanggan melacak nomor resi pembelian barang. Bagi toko online sistem ini menawarkan solusi bagaimana sebuah toko online dapat mengelola data resi dalam satu sistem tanpa menginput data satu-satu, langsung bisa melihat status pengiriman barang. Hanya dengan mengisi form berisi nomor resi dan nama ekspedisi, maka sistem akan memproses status resi pengguna.

Berdasarkan data eMarketer Januari 2013, pembeli digital di Indonesia pada akhir tahun 2015 akan mencapai 7,4 juta pembeli digital atau sama dengan 10% dari pengguna internet melakukan pembelian secara online.

Adnan mengatakan bahwa saat ini ada banyak toko online yang tergabung dalam market place. “Bisa sampai puluhan ribu, itu hanya satu market place,” tambah Adnan.

Sebenarnya beberapa ekspedisi sudah memliki layanan cek resi secara online, namun kelebihan sistem ini adalah pembeli  bisa mengetahui biaya ongkir, mendapat layanan notifikasi barang pesanan, juga memberikan informasi dimana keberadaan barang. Sistem ini menyediakan layanan free, juga berbayar bagi pengguna. User bisa mengakses resi secara free sampai 10 resi. Lebih dari itu user harus menggunakan layanan premium yang bisa melacak hingga ribuan pelacakan resi. Sementara ini sistem ini akan melayani empat ekspedisi yaitu JNE, Pos Indonesia, TIKI, dan Wahana.

Ketiganya optimis Pengirim.com dapat memfasilitasi toko online memberikan kepuasan pelayanan pada pelanggan. Karena bagi mereka kepuasan pelanggan adalah hal yang penting. Satu pelanggan bisa menyebarkan informasi buruk ataupun baik tentang pelayanan di toko online.