Teknopreneur.com – Memiliki smart home, yang bisa diotomatisasi dari jarak jauh pasti menjadi impian setiap orang. Smart home atau rumah pintar identik dengan pemanfaatan ICT sehingga segala sesuatunya bisa dilakukan secara otomatis.

 Tiga anak muda asal kota Bandung (Kampus ITB) yaitu Ivan Suci Firmansyah, Agung Prihadi, dan Sani Sanjaya mengusung sebuah ide bisnis  bernama ID-HOME dalam ajang “Indigo Incubator”, pencarian bakat para pengusaha muda yang memiliki ide bisnis menarik yang diselenggarakan oleh PT TELKOM.

Konsep dari ID-HOME ini ialah membuat rumah pintar yang nyaman dan praktis dengan menggunakan bantuan teknologi yang berupa sebuah perangkat yang telah di-install pada instalasi listrik dan dihubungkan ke sensor-sensor atau perangkat-perangkat yang akan di otomatisasi. Pengguna hanya harus log in terlebih dahulu untuk mendapatkan akun ID pribadi. Setelah mendapatkan ID maka dapat langsung mengontrol rumah secara otomatis.

Sistem kerja alat ini menghubungkan semua alat electronic dan bagian keamanannya, seperti pintu rumah, pagar, lampu, temperature, deteksi asap dan area sekitar rumah sehingga itu semua terhubung ke server kemudian ditampilkan dalam bentuk-bentuk yang menarik seperti peta, layout rumah, laporan anomali serta menyesuaikan dengan bentuk perangkat yang digunakan user seperti smartphone atau PC.

“Alat tersebut secara perakitan dan packaging dilakukan di tanah air, tetapi untuk bahan-bahan atau spare parts kami mengimpornya dari China,” ucap Sani.