Teknopreneur.com – Dunia medis kian hari kian mengembangkan sayapnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, tentunya dengan meminimalisir penggunaan bahan – bahan kimia untuk pengobatan. Seperti Elektronic Ski:, sebuah perangkat elektronik yang di rancang mirip kulit dengan sensor yang dapat menyimpan dan mengirimkan data tentang si pengguna, menerima informasi diagnostik dan langsung melepaskan obat ke dalam kulit.

Upaya – upaya terus dilakukan untuk mengembangkan perangkat ini, konsep dari perangkat ini yaitu menggabungkan pengobatan sekaligus pemantauan terhadap pasien. Teknologi ini bisa membantu pasien dalam mengobati berbagai penyakit seperti parkinson atau epilepsi.

Para peneliti membangun perangkat ini  dengan layering paket Nanomaterials; sensor yang mendeteksi suhu dan gerak , RAM resistif untuk penyimpanan data, microheaters dan obat – ke bahan yang meniru kelembutan dan fleksibilitas kulit. Hasilnya adalah sebuah patch lengket yang memiliki panjang sekitar 4 cm, lebar 2 cm dan 0,3 milimeter , kata rekan penulis studi Nanshu Lu , seorang insinyur mekanik di University of Texas di Austin.

Trade-off untuk tonggak memori adalah bahwa perangkat bekerja hanya jika terhubung ke catu daya dan data pemancar , keduanya perlu dibuat sama kompak dan fleksibel sebelum prototipe dapat digunakan secara rutin pada pasien . Meskipun beberapa komponen yang tersedia secara komersial , seperti baterai lithium dan tag identifikasi frekuensi radio  dapat melakukan pekerjaan ini , mereka terlalu kaku untuk merek soft- as- kulit perangkat elektronik, Lu menambahkan .