Teknopreneur.com – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Lampung menggelar Acara Civil Brings Revolution (CBR) Unila 2014. Sejumlah kegiatan, seperti donor darah, pagelaran band, bazaar, dan jalan sehat diselenggarakan dalam acara tersebut. Selain itu, terdapat pula lomba pembuatan beton nasional. Lomba ini mengangkat tema Beton Ringan Performa Tinggi Menggunakan Bahan Organik.

Dari 35 tim yang mendaftar sebagai peserta, panitia telah menyeleksi 27 tim terpilih yang telah lolos seleksi abstrak. Usai seleksi tahap I ini, tim diminta mengirimkan sampel beton dan diuji di laboratorium struktur beton.

Seleksi tahap II ini meloloskan lima tim yang akan diundang ke Universitas Lampung untuk mempresentasikan karyanya. Dari lima tim tersebut, terpilihlah tim Semar Jaya dari Universitas Negeri Sebelas Maret. Sementara itu, juara II diraih oleh tim Srikandi dari Universitas Indonesia dan juara III diraih oleh tim Viaduct dari Institut Teknologi Sepuluh November.

Tiga tim terbaik yang telah terpilih melalui lomba ini mempunyai karya beton yang telah teruji di laboratorium. Selain lebih ringan, beton tersebut juga terbuat dari limbah organic sehingga lebih ramah lingkungan.

Selain sebagai ajang kreativitas mahasiswa teknik sipil di Indonesia, ajang ini juga sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung. “Harapannya, event ini dapat memupuk solidaritas antar angkatan dan memperkenalkan teknik sipil ke masyarakat luas,” ujar Ade Setiawan saat ditemui.