Teknopreneur.com – Masih ingatkan dengan benda yang bisa menempel di besi, benda ini sering menjadi mainan ketika masih kanak – kanak karna ‘sifatnya’ yang unik, ya apalagi kalau bukan magnet. Magnet selain dijadikan bahan mainan ternyata bisa di berdayakan lebih jauh dengan membuat magnet – magnet itu menjadi Mikro Magnet Robots.

SRI International, Sebuah perusahaan non-profit yang melayani pemerintah ataupun industri telah berhasil menemukan cara baru. Yaitu, magnet via pulsa elektromagnetik disampaikan melalui kontak dengan papan sirkuit tercetak. Proses dipatenkan, biasa dikenal dengan sebutan diamagnetik Mikro Manipulasi (DM3).

Dengan demikian dapat bergerak magnetis ke segala arah dan penjuru bahkan melengkung dipapan sekalipun hingga kecepatan 3 CM per detik, tentunya selama ada arus elektromagnetik yang berda di jalur papan tersebut.  Hal ini dapat membuat satu bahkan puluhan magnet bergerak – hampir menari serempak seolah – olah menghibur. Dengan kata lain magnet dapat berkumpul menjadi satu dan membentuk robots seperti di film yang sering ditemui dilayar kaca.

Menurut SRI International , yang bekerja pada proyek dengan DARPA , ” Visi kami adalah untuk memungkinkan kepala perakitan berisi ribuan mikro – robot untuk memproduksi produk skala makro berkualitas tinggi sambil memberikan kontrol struktur skala milimeter . “