Teknopreneur.com – Kebiasaan menyimpan atau bahkan membuang kamera yang sudah usang sebaiknya anda pikir ulang. Di tangan dosen Teknik Elektro Unila, Sri Ratna Sulastri, kamera usang bisa disulap menjadi alat berfungsi ganda. Alat hasil inovasi Sri ini digunakan sebagai alat pemantau udara dan pendeteksi penyakit pada manusia.

Proses pembuatan kamera dua fungsi milik Sri memang butuh kemampuan khusus. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengubah fungsi kamera biasa menjadi kamera inframerah. Selanjutnya, tapis SRS dipasang pada kamera. Alat ini berfungsi untuk memperoleh informasi kondisi objek dengan lebih detail.

Sri pernah mencoba memotret punggung tangan manusia dengan kamera bertapis SRS. Kondisi punggung tangan menunjukkan warna yang berbeda setelah diolah dengan software. Hasil ini menunjukan kelainan atau kerusakan yang ada pada objek dapat terdeteksi. Dengan uji coba ini, menurut Sri kamera miliknya juga dapat dipakai untuk mendeteksi penyakit kanker payudara. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kondisi cuaca di suatu wilayah tertentu karena telah dipasang alat termograf. Namun, ia mengaku masih banyak yang perlu disempurnakan.

Sumber : teknokra.com