Teknopreneur.com – Berkembangnya gadget di masyarakat membuat power bank menjadi hal yang harus dimiliki pengguna gadget. Penggunaan gadget seringkali membuat baterai menjadi boros. Apalagi jika gadget digunakan untuk melakukan browsing. Dapat dipastikan, baterai gadget Anda tak akan bertahan lebih dari 24 jam.

Power bank dianggap sebagai solusi saat baterai gadget kehabisan nyawa. Agar komunikasi dapat berjalan lancar, biasanya pengguna gadget juga membawa power bank setiap akan bepergian. Namun, tak semua power bank yang beredar di pasaran aman dipakai untuk gadget kesayangan Anda. Alih-alih membeli dengan harga murah, gadget justru dapat rusak, bahkan terbakar.

Memilih power bank yang berkualitas tentu dipengaruhi oleh harga. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Sebelum membeli, pastikan power bank incaran Anda mempunyai merk yang diakui secara internasional. Selain itu, cek juga kapasitas daya yang dapat disimpan. Jika hanya untuk satu kali isi ulang, daya 3200mAh cukup menjadi pilihan.

Selain harga dan merk, perhatikan juga fitur yang ditawarkan oleh power bank. Untuk melindungi power bank dari bahaya arus pendek, pastikan fitur circuit protection tersedia dalam power bank. Selain itu, fitur over charging protection juga penting untuk melindungi power bank saat pengisian daya terlalu lama. Jadi, apabila ketiduran saat sedang mengisi,tak perlu lagi khawatir power bank akan rusak.

Selama pemakaian, pastikan juga kabel yang digunakan untuk mengisi daya adalah kabel asli. Hal ini untuk menghindari ketidakstabilan output daya yang dialirkan oleh kabel kepada power bank atau gadget Anda. Terakhir, partikan power bank yang akan dibeli telah lulus uji standar kualitas power bank.