Teknopreneur.com – Perkembangan ilmu teknologi sejatinya harus mampu memajukan kehidupan manusia. Berbagai alat yang diciptakan menggunakan bantuan komputer sengaja dirancang agar pekerjaan manusia dapat terbantu. Bahkan, hal-hal yang terasa sulit dilakukan dapat menjadi lebih mudah.

Salah satunya software ciptaan Atika dan lima rekannya. Alumnus Universitas Lampung yang saat ini sedang melanjutkan studi S2 ini menciptakan software pembelajaran bersama timnya. Software yang diberi nama Anotrus ini membantu orang lain yang ingin belajar anatomi tubuh. Atika dan rekannya merancang alat ini sejak 2012 lalu.

Software Anotrus ini memungkinkan kita untuk melihat anatomi tubuh manusia di depan layar komputer. Setelah memasukkan berbagai gambar dan informasi mengenai anatomi tubuh, Atika merancang program tiga dimensi agar gambar terlihat nyata. Tak ketinggalan, efek gerak juga dimunculkan agar rangka manusia yang ditampilkan dalam layar layaknya benda hidup.

Panduan penggunaan software yang relatif mudah juga membantu pengguna untuk menjalankan program ini. Hanya dengan mengklik layar komputer, pengguna dapat belajar anatomi tubuh. Atika berharap inovasi ini dapat bermanfaat di dunia pendidikan. Wanita yang berencana terus mengembangkan teknologi untuk media pembelajaran ini mengatakan alat ini sudah pernah di uji coba. Siswa SMA yang dijadikan sampel penggunaan software menyambut baik kedatangan media baru ini. Mereka merasa terbantu belajar biologi dengan adanya software Anotrus.