Teknopreneur.com-Inovasi di bidang pertanian terus berkembang dari waktu ke waktu. Berbagai inovasi itu timbul sebagai jawaban dari tantangan zaman. Inovasi yang satu ini layak dijadikan referensi dari berbagai masalah yang ada.

 

Inovasi itu datang dari Beni Hidayat Dosen Politeknik Negeri Lampung, Penelitiannya tentang jagung layak untuk diapresiasi. Ia membuat proses tepung jagung dengan menggunakan metode gelatinisasi parsial. Proses pragelatinisasi parsial ini adalah proses pemanasan tepung jagung pada suhu di atas titik gelatinisasi sehingga akan terjadi perubahan karakteristik tepung yang dihasilkan.

 

Tepung jagung modifikasi diperoleh melalui tahapan sortasi jagung pipil, penggilingan kasar (20 mesh), perendaman dalam air selama 3 jam dan dilanjutkan dengan penghilangan kulit ari dan lembaga, penirisan, penambahan air setengah bagian jagung. Lalu dilanjutkan dengan penggilingan basah, proses pragelatinisasi parsial dengan cara pemanasan, pengeringan lanjutan dan penepungan. “Proses penggilingan basah ini yang membedakan dengan pembuatan tepung konvensional,” kata Beni.

 

Penggunaan tepung jagung modifikasi sudah diuji coba menjadi bahan aneka makanan ringan seperti stick, flake, dll.  Hasil penelitian menunjukkan penggunaan tepung jagung sebagai pengganti terigu (100%) akan menghasilkan produk makanan ringan dengan kualitas yang sama.