Teknopreneur.com -Kakao sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan provinsi Lampung. Produk-produk hasil olahan kakao yang utama saat ini adalah lemak kakao (cocoa butter) dan kakao bubuk (cocoa powder). Berbagai kegunaan lain ternyata dapat bisa dihasilkan dari buah kakao salah satunya sebagai bahan pembuatan sabun.

 Penelitian ini dihasilkan oleh Carolina Maria Susanti mahasiswa jurusan teknologi hasil pertanian Fakultas Pertanian Unila. Ia termotivasi untuk membuat olahan lemak kako karena kakao bubuk yang diproduksi oleh pabrik banyak yang termanfaatkan.
“Padahal Lemak cokelat bisa digunakan untuk tambahan pembuatan sabun, kosmetik, dan kembang gula cokelat,” Ujar Carolina.

 Proses pembuatannya cukup mudah. Pertama lemak kakao ditambahkan dengan lemak sawit dipanaskan pada suhu 45 derajat celcius.  Kemudian larutan NaOH ditambah air juga dipanaskan di suhu yang sama. Lalu larutan tersebut dicampur diaduk hingga terbentuk kristal (trace) dan dicetak.   “Jadilah sabun, sabun beraroma cokelat,” kata Caroline.

Peralatan yang dibutuhkan pun relatif sederhana seperti timbangan digital, panci stainless, kompor gas, cetakan sabun, kain handuk tebal, wadah-wadah gelas, plastik pembungkus, kotak-kotak kemasan sabun, serta label kemasan
.