Teknopreneur.com – Dunia farmasi saat ini telah mengalami banyak perkembangan, semennjak dunia teknologi mulai dijadikan primadona untuk membuat suatu produk kesehatan. Tidak hanya obat – obatan yang dikeluarkan oleh farmasi, saat ini yang sedang tren adalah elektroceuticals yaitu cara mengobati dengan listrik dari pada bahan kimia. Tren itu terus dikembangkan, dari mulai alat pemacu jantung, sampai produk untuk mengatasi migran akut.

Cefaly, sebuah perangkat bertenaga batetari yang menyerupai ikat kepala, Food and Drag Administration (FDA) mengatakan alat ini bisa digunakan untuk pengobatan pasien yang mengalami migrant akut dengankata lain tidak bisa mentolelir atau tidak merespon terhadap obat. Perangkat ini di produksi oeh perusahaan asal Belgia yang bernama STX – Med, dan sudah disetujui untuk penjualan

Perangkat ini bekerja dengan merangsang saraf trigeminal, saraf cranial terbesar, yang membawa informasi sensorik dari wajah ke otak. Menurut situs Cefaly, mekanisme didasarkan pada teori gerbang kontrol  nyeri. Perangkat dasarnya menyimpan gerbang saraf tertutup untuk masukan nyeri, stimulus sensorik mengesampingkan stimulus-  nyeri yang ditansmisikan ke otak pada serabut saraf yang berbeda.

Dalam hal ini tentunya pemerintah bisa mengikuti apa yang telah dilakukan farmasi di luaran sana, bisa mengembangkan perusahaan – perusahaan farmasi  dengan   menggunakn teknologi untuk kepentingan bersama. Hal ini merupakan peluang, dimana perkembangan teknologi terus meningkat, tinggal sejauh mana mau memulainya.