Teknopreneur.com – Pada tahun 2012, ilmuan dari Univercity of Illinois di Urbana – Champaigin John Rogers meluncurkan berbagai chip silicon biodegradable yang dapat memonitor suhu atau regangan mekanik , glombang radio ke perangkat eksternal dan bahkan memanaskan jaringan untuk mencegah infeksi (Baca: Biodegradable Elektronik).

Sebuah biodegradable, baterai implant dapat membantu dalam pengembangan perangkat biomedis yang memantau jaringan atau memberikan pengobtan sebelum diserap kembali oleh tubuh setelah di gunakan. Seperti apa yang dikatakan Jeffrey Borenstein seorang insinyur biomedis di Laboratorium Draper, sebuah pusat penelitian dan pengembangan non – profit.

“Ini adalah kemajuan yang sangat besar dalam hal ini ,sebelumnya bahkan  sampai saat ini belum ada banyak kemajuan dalam daerah ini”

Perangkat ini  , dijelaskan minggu lalu di Advanced Material , penggunaan anoda magnesium foil dan katoda besi , molibdenum atau tungsten . Semua logam ini secara perlahan akan larut dalam tubuh , dan ion mereka biokompatibel dalam konsentrasi rendah . Elektrolit antara dua elektroda adalah larutan garam fosfat-buffer , dan seluruh sistem dikemas dalam polimer biodegradable dikenal sebagai polyanhydride.

Peneliti berharap bahwa penelitian lebih lanjut tentang kedua jenis baterai akhirnya bisa menghasilkan perangkat obat – delivery implan yang dikendalikan oleh sinyal radio , atau obat-obatan yang mengeluarkan dalam menanggapi masalah akut tertentu, seperti serangan epilepsi