Teknopreneur.com – Tidak terelakan lagi bahwa masalah lingkungan, salah satunya polusi udara, memang menjadi fokus para peneiti agar dapat mengurangi sekaligus menghindari dampak yang akan terjadi di kemudian hari.  Pemerintahpun ikut terjun dalam hal ini, seperti yang dilakukan perdana mentri cina yang menyatakan ‘perang’ terhadap polusi dengan mengatakan “Polusi lingkungan adalah masalah utama dan wajib untuk di perangi”

Perkataan itu di keluarkan perdana mentri cina Li Keqiang  beberapa minggu yang lalu (5/3)  ketika para pemimpin cina berkumpul  di Beijing untuk pertemuan tahunan. Pertemuan itu salah satu agendanya yaitu peluncuran sebuah perusahaan yang dikhususkan untuk pembuatan mesin yang lebih ‘hijau’.

EcoMotors, sebuah startup yang didukung oleh Bill Gates dan Khosla Ventures meluncurkan join venture dengan nama China FAW Group, sebuah produsen mobil local, perusahaan ini mengklaim siap membuat 100.000 mesin baru yang ramah lingkungan dengan mesin dua-strokenya, sebuah sentuhan ide baru pada abad ini.

“OPOC” mesin dua-stroke, terdiri dari sepasang slinder, masing – masing berisi dua piston berlawanan. Para pengembang mesin ini mengklaim efisiensi bahan bakar bisa mencapai 45% lebih baik dari pada mesin empat-stroke yang umum digunakan pada mobil. Mesinpun dapat di jalankan pada berbagai bahan bakar, rencana awal masih untuk mesin diesel, selanjutnya bensin dan methanol yang dapat dibuat dari pasokan batu bara dalam negri.