Teknopreneur.com – Jaringan internet membuat semua orang dari berbagai  penjuru dunia bisa saling berbagi informasi, berinteraksi bahkan menemukan jodohnya di dunia maya. Namun, biaya yang masih relatif  mahal  menghambat individu – individu untuk menikmati Internet. Maka dari itu perlu upaya untuk mengatasinya, salah satunya dengan free Hotspot Area (wifi gratis).

Beberapa Negara  telah mengusungkan untuk memasang wifi dibeberapa daerah, agar warga sekitar bisa menikmati internet dengan biaya rendah bahkan gratis. Sepert yang dilakukan oleh Departemen Pembangunan Ekonomi dan Pariwisata asal Afrika selatan yang berencana membuka wifi gratis, untuk membuka ruang – ruang public di profinsi wastem cape, Afrika Selatan.

Proyek ini di beri nama Isizwe, dengan kata lain proyek ini tidak berorientasikan profit (non – profit), dengan tujuan ingin membawa internet gratis ke Afrika agar bisa menghubungkan warga dan tentunya merupakan alat utama untuk  pemberdayaan, melainkan membantu warga untuk belajar, bersosial, bahkan mencari lapangan pekerjaan.

Proyek Isizwe , dengan Wi – Fi gratisnya  untuk lima lokasi di Tshwane pada bulan November tahun lalu , dengan ekspansi besar dalam karya-karya  terpilih sebagai salah satu dari tiga organisasi non -profit untuk memberikan  Wi –Fi secara geratis   di area yang telah  diidentifikasi .