Teknopreneur.com – sempat tersiar kabar bahwa telah diciptakan suatu mesin yang bisa merubah air biasa menjadi sebuah anggur (alcohol) hanya dalam waktu 3 hari. Produk yang dinama atau sering disebut Gadget Miracle Machine itu ternyata Hoaks, atau dengan kata lain hanya untuk mencari popularitas.

Dalam siaran pers , salah satu  pendiri , ” Kevin James , mengungkapkan bahwa itu semua aksi publisitas , bertujuan untuk menarik perhatian sebuah organisasi nirlaba yang disebut  ‘Wine untuk Air’ ,  yang menyediakan orang di seluruh dunia dengan akses ke air bersih.”

James kembali menjelaskan alasan mengapa tipuan bekerja sangat baik , selain presentasi videonya yang  rumit ,  bahwa itu sebenarnya sangat mungkin untuk membuat anggur sendiri di rumah dengani sebuah ember , dan beberapa bahan mudah dibeli . Selain itu, proses penting dari pembuatan bir bir tidak jauh berbeda dari membuat anggur ,  beberapa mesin otomatis bir – bir , termasuk Zymatic PicoBrew , sudah ada di pasar.

Slah satu alas an kenapa alat ini dicurigai  adalah kecepatan proses pembuatannya, dalam kondisi normal, 3 hari terdengar seperti waktu yang sangat singkat untuk anggur orang  dewasa . Hal yang mencurigakan lainnya adalah fakta bahwa proyek tersebut tidak memiliki halaman Kickstarter bekerja. James menambahkan, “Bagi saya , tampaknya  sebuah kesalahan di pihak pendiri atau pembuat , tapi itu jelas disengaja,  karena tidak ada proyek nyata di sini , tidak perlu untuk halaman Kickstarter.”.

Pertanyaan terus berdatangan, james kembali menuturkan, “Namun , bahkan jika Machine Keajaiban (Machine Miracle) adalah palsu , itu tidak akan mengejutkan kita jika seseorang benar-benar membuat mesin pembuatan anggur otomatis di masa depan . Bunga yang ada , sekarang seseorang perlu mencari tahu bagaimana untuk benar-benar melakukannya.” .

.