Teknopreneur.com – Negara yang industrinya maju dengan pesat selain menimbulkan hasil positif bagi perekonomian sering melupakan dampak lain dari perkembangan industri Negara tersebut, yaitu damak terhadap lingkungan. Cina untuk mengatasi dampak lingkungan khususnya dalam pencemaran udara mempersiapkan pesawat tanpa awak (drone) untuk mengatasi polusi udara yang semaikn menghawatirkan.

Proses uji coba tersebut dilakukan di bandara di China Provinsi Hubei , Sabtu minggu lalu , memberikan negara secercah harapan bahwa mungkin ada jawaban terhadap permasalahan ini. Drone China dilengkapi dengan udara catalyzers untuk membubarkan asap dan memiliki kemampuan untuk menciptakan arus angin buatan.   Negara berharap agar dapat  digunakan untuk mengurangi efek keseluruhan dari polusi udara.

 Penampilan Drone yang agak retro , menurut salah seorang insinyur berafiliasi dengan proyek ini , pesawat tak berawak fitur kontrol navigasi otonom yang memungkinkan untuk terbang bahkan dalam kondisi kabut asap . Selain itu , pesawat tak berawak ini dilengkapi dengan parasut , yang memungkinkan untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan  selama penerbangan .

Hal ini mungkin bisa dijadikan contoh oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi polusi udara yang selama ini terus memburuk, terutama didaerah kepulauan Riau, di pekanbaru sendiri tinggal 5% udara bersih yang bisa dihirup.