Teknopreneur.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah di bawah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah menggelar lomba penelitian dan pengembangan teknologi terapan tahun 2014. Perlombaan ini sudah dibuka sejak 10 Februari lalu dan direncanakan berakhir pada 10 Mei 2014. Selain terbuka untuk siswa SMA dan sederajat, perlombaan ini juga dubuka untuk umum.

Di bidang pertanian, peserta dapat mengirimkan karyanya untuk kategori pertanian, perikanan dan peternakan, kedutanan, serta sumber daya manusia dan lingkungan. Sementara itu, di bidang ekonomi, karya penelitian harus berkaitan dengan industri kecil, menangah dan ekonomi kreatif. Beberapa bidang lain yang juga termasuk dalam tema perlombaan ini adalah ilmu teknologi, sosial, dan pendidikan.

Nantinya, diharapkan berbagai karya yang masuk dapat dijadikan ide dalam membantu pembangunan daerah setempat. Hal ini karena peserta diwajibkan melakukan penelitian di Kabupaten Lampung Tengah. Pemkab berharap perlombaan ini dapat memacu semangat generasi muda dan masyarakat setempat melakukan berbagai penelitian demi pengembangan daerah.  

Untuk mengapresiasi para pemenang, Pemrintah Kabupaten Lampung Tengah menyediakan hadiah dengan total 30 juta rupiah. Hadiah ini akan diberikan untuk enam karya terbaik yang lolos seleksi. Pemerintah setempat berharap para pelajar dan masyarakat umum dapat memanfaatkan ajang ini sebagai wadah kreativitas. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk mengapresiasi karya putra daerah.