Teknopreneur.com – Pengalaman seringkali dapat menjadi guru terbaik dalam hidup kita, seperti pengalam penulis yang pada beberapa waktu lalu mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan saat baterai laptop yang dibeli dengan keringat sendiri ini sudah tidak berfungsi lagi.

Berawal dari terlalu lama mengisi daya listrik di baterai laptop, kini baterai tersebut sudah tidak optimal lagi dalam menyangga kekuatan laptop untuk tetap menyala. Agar pengalaman ini tidak menular ke pemilik laptop yang lain, berikut saya berikan tips untuk merawat baterai laptop:

Hal yang paling umum dilakukan oleh pengguna laptop baru adalah langsung menyalakan laptop beserta baterainya, padahal sesaat setelah membeli laptop baru inilah yang seharusnya baterai langsung discharge. Karena baterai baru umumnya masih kosong, sehingga perlu diisi selama empat hingga delapan jam, hingga siap untuk digunakan.

 Ada tujuh tips, agar baterai laptop Anda dapat tahan lama untuk digunakan terus menerus,

  1. Biasakanlah untuk memakai laptop tanpa menggunakan baterai, jika membutuhkan waktu yang cukup lama. Seperti mengadakan acara presentasi, diskusi, dan mengerjakan tugas. Karena dengan memakai daya listrik secara langsung (tanpa baterai), usia baterai akan lebih lama dibandingkan memakai laptop menggunakan baterai.
  2. Gunakanlah alat di laptop dengan seperlunya, seperti Bluetooth, dan Wifi  jika tidak diperlukan, karena dapat menghemat daya atau kekuatan dari baterai laptop. Kedua alat tersebut selalu menerima dan mengirim signal di setiap periode waktunya, sehingga membutuhkan daya yang tidak sedikit.
  3. Kurangilah cahaya yang terlalu terang pada layar laptop dan sebaiknya tidak menggunakan screen saver. Karena kedua tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, sehingga ketika menggunakan laptop dengan menyertakan baterainya. Baterai jadi lebih cepat habis, dan akan mengurangi kemampuan baterai untuk menyimpan kekuatan.
  4. Periksalah  program startup dan program aktif, serta menutup program yang tidak perlu untuk Anda. Karena program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan baterai  laptop menjadi terbebani saat mengirim daya ke laptop yang membutuhkan waktu lama.
  5. Gunakanlah headseat untuk mendengarkan suara, disamping menghemat kekuatan baterai laptop, hal ini juga mengurangi ausnya speaker laptop.
  6. Updatelah BIOS dan driver laptop Anda. Karena setiap produsen komputer akan melakukan perbaikan software secara berkala, dengan begitu Anda telah memiliki versi terbaru dan komputer Anda akan terkompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi.
  7. Jangan mengisi baterai laptop terlalu lama dari petunjuk yang ditetapkan. Biasanya mengisi daya baterai laptop diperlukan tiga hingga empat jam, yang menghasilkan kekuatan daya sekitar dua jam operasi. Ketika Anda melebihi waktu pengisian baterai yang ditetapkan, maka energy listrik potensial akan kembali berbalik. Akibatnya baterai laptop Anda akan mengalami kehilangan kemampuan penyimpanan daya. Inilah penyebab fatal, yang membuat baterai laptop Anda tidak lagi berfungsi.

Demikianlah tujuh tips agar baterai laptop Anda dapat awet digunakan. Pakailah baterai laptop Anda ketika Anda akan menggunakan laptop dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. Semoga dapat bermanfaat.