Teknopreneur.com – Tanaman Rosela banyak ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia. Rosela ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna ungu. Warna merah yang terdapat pada buah Rosela bisa dimanfaatkan sebagai pewarna sirup.

Seorang dosen dari Politeknik Negeri Lampung mengembangkan sebuah manfaat baru dari Rosela. Dwi Desmiyeni melalui penelitiannya menjadikan tanaman Rosela agar bisa dimanfaatkan untuk menambah produktifitas broiler. Rosela dapat menurunkan kolesterol pada darah broiler. Walaupun tidak signifikan pertambahan berat badan pada broiler sudah dapat dibuktikan. Dengan penambahan 10 gram Rosella yang telah dilarutkan dalam air 100 ml dapat menambah berat badan broiler sebanyak 20 gram.

Senyawa Phenol yang terkandung dalam Rosela banyak berguna sebagai antimikroba. Pertama Rosela dikeringkan menggunakan panas matahari menjadi serbuk halus.  Lalu di seduh dan di maserasi dengan suhu 90° selama 30 menit dengan konsentrasi 10%.

Penelitian ini dilakukan selama 3 tahun sejak 2009. Pada tahun ini penelitian akan fokus pada dosis yang tepat untuk menambah produktifitas broiler sesuai dengan yang diinginkan.