Teknopreneur.com – Lampu celup tenaga surya (Lacuba) yang didesain untuk membantu nelayan dalam menangkap ikan terbukti efektif menghemat biaya. Alat ini tak membutuhkan minyak bumi sebagai bakan bakan. Kan tetapi, memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga surya.

Lacuba hemat energi ini menggunakan sel surya sebagai media konversi sinar matahari menjadi energi listrik. Sel surya ini terbuat dari bahan yang dapat menyerap sinar matahari. Selanjutnya, energi surya tersebut disimpan dalam aki (baterai) yang akan digunakan untuk menyalakan Lacuba pada malam hari.

Sistem sel surya menggunakan energi sinar matahari untuk menghasilkan listrik dan tidak memerlukan teknologi yang rumit. Desain sel yang tak mempunyai bagian berputar membuat alat ini  hanya butuh sedikit perawatan. Perawatan sistem sel surya dapat dikatakan cost effective. Selain dapat digunakan untuk membuat Lacuba, sel ini juga cocok untuk penerangan stasiun telekomunikasi daerah terpencil, pelampung navigasi di tengah laut, alat pemantau permukaan air bendungan, atau untuk penerangan rumah yang jauh dari jangkauan jaringan PLN. Biaya operasional sistem sel surya jelas rendah.

Selain menggunakan tenaga surya, cara penghematan lain dari Lacuba ini terletak pada komponen lampu LED yang digunakan. Rangkaian lampu LED tersebut sengaja didesain sehingga dapat menghasilkan cahaya yang terang sehingga mampu menarik dan mengumpulkan ikan namun dengan daya listrik yang kecil.