Teknopreneur.com – Kasus penyakit kanker payudara semakin banyak ditemui. Kanker jenis ini merupakan penyebab kedua kematian akibat kanker pada wanita setelah kanker rahim. Berbagai pengobatan dapat dijadikan rujukan dalam mengobati penyakit ini. Pengobatan herbal layak menjadi alternatif, selain bahan bakunya yang mudah didapat obat herbal juga minim efek samping.

Pengobatan kanker payudara menggunakan bahan herbal sudah banyak dilakukan. Buah makasar menjadi salah satu bahan herbal yang dapat menyembuhkan kanker payudara. Subeki dosen Teknologi Hasil Pertanian Universitas Lampung berhasil membuat buah makasar menjadi obat yang dapat menyembuhkan kanker payudara. Penelitiannya ini juga sudah diuji dan berhasil.

Buah makasar bernama latin Brucea Javanica, buah ini sudah dikenal dapat banyak menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya kanker, malaria, disentri, dan diare. Pembuatan obat herbal menggunakan buah makasar tidak sulit dilakukan. Biji buah makasar 5-6 butir dikeringkan lalu ditumbuk hingga halus. Setelah halus bubuk dimasukkan ke dalam kapsul, buah makasar herbal pun sudah siap untuk dikonsumsi.

Ibu hamil dan anak-anak dilarang keras minuman ramuan tanaman obat buah makasar ini.Selain itu, buah makasar dikontraindikasikan pada penderita pendarahan saluran pencernaan, gastritis, penyakit hati, dan penyakit ginjal berat.