Teknopreneur.com – Buah makasar merupakan tanaman liar. Tanaman ini tumbuh pada daerah dengan ketinggian 1-500 m dpl. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Biji, daun, akar, bahkan kulit batangnya berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Daun buah makasar biasanya berjumlah 5-13 lembar atau disebut majemuk ganjil. Antar lembaran daun umumnya saling berhadapan .Bentuk daunnya lanset memajang dengan ujung meruncing. Buahnya memiliki ukuran yang mirip dengan buah lada.

Banyak kandungan kimia yang terdapat dalam buah makasar antara lain Alkalid, Glukoside, dan Phenol. Bijinya mengandung brutasol, brucein A,B,C,D,E,F,G,H. Lemak, oleic acid, linoleic acid, stearic acid, palmitoleic acid terkandung dalam daging buah makasar. Berbagai penyakit dapat diobati seperti disentri, malaria, wasir dan kanker.

Penelitian terbaru datang dari Subeki Dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Brucein A yang terdapat pada biji buah makasar terbukti bisa menyembuhkan penyakit kanker payudara. Tikus sebagai bahan uji coba terbukti bisa sembuh dari penyakit kanker payudara. Pertama tikus diberi senyawa Dimethyl Benzanthracine untuk memberi penyakit kanker payudara. Dimetyl Banzanthracine diberikan 2 kali dalam seminggu selama 2 bulan sampai tikus terinfeksi kanker payudara. Setelah itu barulah tikus diobati senyawa Brucein A. Dan berhasil. Senyawa Brucein A dapat mematikan sel kanker payudara.