Teknopreneur.com – Belakangan, istilah teknopreneur dimunculkan sebagai alternatif pilihan usaha bagi generasi muda. Berbeda dengan istilah enterpreneur, istilah teknopreneur mengandung arti yang lebih luas. Teknopreneur mengandung konsep usaha yang menerapkan teknologi. Artinya orang yang memutuskan menjadi seorang teknopreneur harus mampu menguasai teknologi. Mahasiswa sebagai penerus estafet kemerdekaan Indonesia harusnya mulai melirik bidang ini. Hal ini karena mereka harusnya mampu menguasai teknologi untuk kemajuan ekonomi bangsa.

Deny Pradana salah satunya, sarjana teknik ini berminat menjadi seorang teknopreneur muda. Sejak kuliah di Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung, ia sudah melakukan percobaan yang berhubungan dengan teknologi. Bersama rekannya, ia pernah membuat produk Education Software Anotros. Software ini merupakan atlas anatomi organ tubuh secara 3 dimensi. Produk ini kemudian membawa tim Deny mendapatkan penghargaan dari Kementerian Bidang Koordinator Perekonomian pada ajang Apresiasi Inovasi Indonesia tiga tahun lalu.

Untuk sampai pada ajang itu, tim Deny harus bersaing dengan ratusan tim lainnya. Pada puncak kompetisi, mereka mampu menyisihkan 18 tim lain hingga menempati urutan kedua pada penghargaan bergengsi tersebut.

Minat Deny untuk menjadi teknopreneur tak berhenti sampai disitu. Ia juga pernah membuat anti virus lokal bernama Lynx Virus Scan. Ia mengaku awalnya anti virus tersebut masih sangat sederhana dan minim fitur. Program yang ia gunakan diantaranya adalah visual basic 6 IDA pro dan decompiler. Ia menambahkan, selama pembuatan anti virus itu, ia banyak membutuhkan sampel virus yang beredar di Indonesia.

Menurutnya, para teknopreneur muda di Indonesia harus terus berkarya. Minimnya jumlah para teknopreneur di Indonesia karena kurangnya support dari semua kalangan. Padahal, menurut Deny banyak anak muda Indonesia yang sangat kreatif dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas seperti B.J. Habibie.

Ia menambahkan, seorang teknopreneur harus mempunyai mental yang kuat, semangat pantang menyerah, kreatifitas tinggi, dan  support dari orang-orang terdekat. “Saya pernah membaca suatu quote yang bunyinya sehebat apapun seseorang, pasti dia akan kalah apabila mengabaikan bantuan dari teman-temannya“, ujarnya mengakhiri perbincangan.