Teknopreneur.com – Kehilangan data-data penting akibat virus komputer seringkali membuat repot. Aapalagi jika kita tak mempunyai back up data yang terlanjur terinveksi virus. Tak hanya itu, virus komputer juga dapat menyebabkan program komputer menjadi sangat lamban. Tak heran, virus komputer menjadi musuh berbahaya bagi pengguna gadget atau laptop.

Namun, serangan virus komputer ini dapat dicegah dengan anti virus. Deny Pramana, lulusan Teknik Elektro Universitas Lampung ini pernah menciptakan anti virus bernama Lynx Virus Scan. Anti virus miliknya ini berbeda dengan anti virus pada umumnya. Menurut Deny, anti virusnya mempunyai kelebihan untuk memungkinkan penggunanya berbagi database virus baru yang ditemukan. Dalam program yang ia desain itu, Deny menambahkan fitur shared virus database. Ia mengklaim fitur ini belum dimiliki oleh anti virus smadav.

Sama seperti anti virus lainnya, anti virus Lynx Virus Scan mampu mendeteksi berbagai virus lokal yang sering menyerang komputer di Indonesia. Proteksi yang diberikan oleh anti virusnya itu meliputi Real-Time Protection, Auto Scan USB Flash Disk, Virus Scanner , dan juga Website blocker.

Lebih lanjut ia menjelaskan, fitur Real-Time protection berguna untuk memantau kegiatan file-file yang sedang diakses oleh user. Apabila file terindikasi sebagai virus, maka lynx virussccan akan memberi peringatan kepada user sebelum user mengakses file tersebut. Sementara itu, fitur  Auto scan USB Flash Disk membantu mendeteksi flashdisk yang baru dicolokkan ke komputer. Fitur ini berfungsi sebagai pencegahan dini agar user tidak sembarangan membuka file yg ada di dalam flashdisk.

Fitur utama dalam anti virus adalah Virus scanner. Fitur ini berfungsi untuk memeriksa apakah di komputer pengguna terdapat virus atau tidak. Anti virus lynx virussccan  juga dilengkapi dengan fitur website blocker  yang berguna untuk mengblokade website yang berisi material adult kelas berat. Website dengan konten tersebut biasanya banyak terdapat virus jenis worm yang membahayakan komputer.

Deny mengaku terus mengambangkan anti virus buatannya. Tak hanya itu, ia juga sudah memasarkannya melalui facebook dan twitter.