Teknopreneur.com – Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras tidak bisa dibantah. Ini terbukti dengan tidak hentinya Indonesia mengimpor beras. Semakin bertambahnya jumlah pendududuk Indonesia menyebabkan semakin banyaknya jumlah beras yang dibutuhkan. Tidak salah apabila Indonesia dikatakan sebagai salah satu negara pengimpor beras terbesar di dunia.

Langkah preventif harus dilakukan pemerintah. Mengganti makanan pokok bisa menjadi solusi jitu. Makanan pokok tidak hanya beras. Makanan pokok dari singkong layak dipertimbangkan untuk menggantikan beras. Selain bahan baku yang masih banyak dan mudah didapat, dari sisi kesehatan makanan pokok dari singkong dinilai lebih sehat karena kadar gulanya yang rendah.

Pembuatan makanan pokok dari singkong sudah banyak dilakukan hanya saja dari segi inovasi terdapat beberapa perbedaan. Dosen Teknologi Pangan Politeknik Negeri Lampung Beni Hidayat berhasil menciptakan makanan pokok dari singkong. Makanan pokok dari singkong ini dinamakan Beras Siger. Bentuk beras Siger mirip seperti beras pada umumnya.

Proses pembuatannya mirip dengan pembuatan nasi tiwul. Singkong pertama-tama dikelupas kulitnya lalu lalu dipotong pipih. Selanjutnya irisan singkong tersebut direndam dengan air garam. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah timbulnya warna cokelat kehitaman. Setelah itu irisan tipis singkong tersebut dijemur hingga kering. Setelah kering singkong digiling sampai halus kemudian ditambahkan air. Pembutiran hasil gilingan singkong dilakukan dengan menyaring singkong yang sudah halus dengan cara memutar-mutar menggunakan tampah bambu.