Teknopreneur.com- Berawal dari hobby ngelog di internet, kini Jaenudin Erlangga pemuda asal Cirebon yang sudah bekerja sebagai karyawan swasta ini telah mampu mendapatkan penghasilan tambahan sekitar dua jutaan perbulan dari blognya. Penghasilan tambahan tersebut ia dapatkan dari iklan, afiliasi, hingga bonus dari client-nya yang mengaku telah terbantu penjualannya dari iklan tersebut.

“Iya sekitar dua jutaan lah dalam sebulannya.” Ujar pria yang kerap disapa Jay kepada Teknopreneur (18/2).

Kini pria yang juga sebagai anggota komunitas Blogger Cirebon ini telah mendirikan CV bersama dua rekannya untuk berupaya terus dalam mengurangi pengangguran di wilayah Cirebon lewat online yang akan disusul dengan bursa kerja dan workshop tentang dunia kerja ke sekolah-sekolah dalam beberapa waktu lagi.

Hobby ini bermula dari pengalaman saat ia masih menjadi seorang karyawan marketing, dan kurangnya perhatian para blogger untuk menulis tentang job. Sehingga ia berinisiatif mengumpulkan informasi lowongan kerja dari berbagai sumber yang kemudian dipublikasi dalam blognya Loker Cirebon.

Para pencari kerja sendiri di Cirebon telah mencapai 200.000 jiwa, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan seiring dengan adanya lulusan pelajar dan wisudawan baru. Hingga saat ini ketersediaan lapangan kerja di Cirebon masih belum sebanding dengan jumlah pencari kerja.  Pembukaan bursa kerja di Cirebon pun seakan-akan tidak mampu untuk mengurangi jumlah pengangguran di Cirebon.

Jaenudin adalah satu dari sekian blogger yang ada di Cirebon yang telah berhasil mengkomersialkan blognya, masih banyak cerita para blogger lain yang telah berhasil melakukannya. Potensi dari hobby menulis di blog ini pun terbilang sangat besar untuk ke depannya. Terlebih dengan dengan tuntutan ketersediaan website di tiap Sekolah Dasar, hingga migrasi para media cetak yang sedang beradu kecepatan meningkatkan kualitas websitenya di dunia maya.