Teknopreneur.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahan energi konvensional (gas alam,minyak,batu bara dll) suatu saat akan habis, semaikn hari harganya pun semakin melambung, hal ini yg mendorong para pakar untuk terus mengembangkan energi alternatif (terbarukan). Dari berbagai energi terbarukan ternyata Kotoran (Tinja) Manusia pun bisa di ubah menjadi biogas.

 apa itu Biogas?  Biogas adalah gas yang terbentuk dari hasil fermentasi kotoran (tinja) ternak yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar kompor yang saat ini mulai diterapkan di desa-desa Indonesia. Pada dasarnya kotoran hewan dan manuia mengandung unsur yang tidak jauh berbeda,  sama – sama mengandung (NH3), bahan dasar biogas.

Saat ini para pakar terus mengembang energy Biogas dari Tinja Manuisa, menurut Balai Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknlogi (BPPT) dari 3000 keluarga dapat dihasilkan 225 meter kubik biogas atau setara dengan 103,5 KG LPG setiap harinya. itu pun dengan asumsi 1 keluarga terdiri dari 5 orang yang masing – masing menghasilkan kotoran 0,3 kg/hari.

Hal ini apa bila di implementasikan di daerah – daerah terpencil atau di daerah – daerah pedalaman sangat bermanfaat, dikarnakan sanitasi masyarakat daerah setempat sangat buruk. Selain membantu membersihkan Lingkungan, penerapan ini bisa membantu pasokan Gas dan bahan bakar didaerah setempat.