Teknopreneur.com – Lagi dan lagi, mungkin kata itu yang tepat untuk Negara yang mengklaim dirinya sebagai macan asia. Ya sapa lagi kalau bukan Jepang. Negara yang terkenal akan perkembangan teknologi nya yang begitu pesat, kali ini berhasil menciptakan Robot yang memiliki kemampuan untuk membaca buku, agar dapat  membantu orang tua yang kesulitan membaca dan untuk orang tua yang males mengajari anak nya membaca.

Sebut saja nama robot itu Ninomiya–kun, nama yang di ilhami dari seorang pejuang petani sekaligus  filsuf jepang pada abad ke 19 yang bernama  Kinjiro Ninomiya. Ninomiya – kun , Dikembangkan oleh para perancang robot dari Information, Production and Systems Research Center (IPSRC) di Univeristas Waseda, diresmikan pada 11 Juni di sebuah pameran perdagangan robot di Kitakyushu , di mana ia menghibur penonton dengan membaca dongeng dari buku.

Saat ini suara dari Ninomiya–kun masih terdengar seperti  mesin, para pengembanmg terus bekerja agar suaranya lebih halus, menyerupai suara manusia. Setelah itu , mereka percaya robot akan siap untuk membacakan sekalgius mengajarkan membaca  kepada  anak-anak dan orang tua tinggal mencari nafkah.

Dengan kemampuan untuk mengenali lebih dari 2.000 kanji, hiragana dan katakana, Ninomiya-kun saat ini dapat membaca teks dasar. Para pengembang mengatakan mereka berencana untuk meng-upgrade kamera mata mesin untuk memungkinkannya untuk membaca karakter yang lebih kompleks di masa depan.