Teknopreneur.com – Over Head Proyektor (OHP) kini sudah dianggap ketinggalan zaman. Keberadaannya kin bahkan dianggap menjadi sampah elektronik dan biasanya sudah diungsikan ke dalam sebuah gudang sekolah, institusi, universitas bahkan insitusi. Wajar keberadaannya kini tak lagi digunakan karena sudah muncul alat elektronik yang fungsinya sama dengannya namun lebih canggih lagi, yakni LCD proyektor.

Namun siapa sangka OHP yang sudah kuno tersebut bisa diubah menjadi proyektor hanya dengan menambahkan LCD screen. Caranya dengan membongkar LCD Monitor dan kemudian dilepaskannya LCD Panel dan modul elektronik yang terdapat pada kemasannya.

Selanjutnya dibuatlah alat penyangga atau dudukan OHP, agar LCD panel dan modul elektroniknya bisa diletakkan diatas OHP. Kemudian beri jarak antara LCD panel dengan kaca OHP sebesar 5-8 cm. Agar panas yang dihasilkan oleh lampu OHP bisa direduksi maka berilah pendingin berupa kipas angin.

Kreatifitas ini bisa menjadi peluang bisnis. Karena jika dibandingkan dengan membeli LCD baru yang harganya mencapai tiga juta rupiah, mendaur ulang OHP menjadi LCD jauh lebih murah, yakni sekitar satu juta rupiah.