Teknoprenur.com – Masih tertinggalnya Indonesia dibandingkan negara-negara lain misalnya Singapura, Malaysia, Jepang,dan Korea dalam hal pertumbuhan kewirausahaan khususmya yang  berbasis Iptek. Juga adanya ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar fosil sebagai sumber energi yang akan habis, sehingga perlu  didorong perkembangan energi terbarukan khususnya dengan memanfaatkan limbah pertanian.

Untuk mendorong hal tersebut maka inotek mengadakan ajang kompetisi hijau. Yakni sebuah Kompetisi tentang Rencana Bisnis dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dalam menjalankan usahanya menggunakan teknologi hijau (ramah lingkungan) atau energi terbarukan.

Kompetisi ini diharapkan bisa memacu tumbuhnya UKM berbasis IPTEK, memberikan insipirasi dan minat bagi publik secara umum untuk mengembangkan teknologinya. Selain itu teknologi yang dikompetisikan oleh para peserta diharapkan mempunyai dampak ekonomi dan sosial yang bisa  membawa manfaat bagi masyarakat menengah bawah.

Syarat menjadi peserta lomba adalah sudah menjadi anggota UKM yang telah beroperasi selama  2 tahun dan memiliki badan hukum Indonesia. Dalam menjalankan usahanya fokus menggunakan dan atau memanfaatkan teknologi hijau atau energi terbarukan yang berkaitan dengan bidang pertanian, seperti: memanfaatkan limbah pertanian sebagai sumber energi terbarukan. Memproses limbah pertanian dan memanfaatkannya menjadi produk bernilai komersial yang ramah lingkungan. Dan meningkatkan produktivitas pertanian dengan menggunakan teknologi hijau dan/atau energi terbarukan

Dari peserta yang mendaftar akan dipilih 10 finalis dan kemudian dipilih 3 pemenang utama yang akan mendapat hadiah masing-masing USD 10.000 (total USD 30.000). Selain mendapat hadiah uang, pemenang juga akan memperoleh pendampingan untuk penajaman strategi bisnis dan pegembangan usaha.

Pendaftaran untuk kompetisi sudah dimulai tanggal 25 November 2013. Semula akan pendaftaran akan ditutup pada tanggal 31 Januari 2014. Namun untuk mengakomodasi peserta yang akan ikut serta, batas waktu penerimaan formulir akan diperpanjang sampai tanggal 14 Februari 2014.

 

Cara untuk berpartisipasi sangat mudah, hanya dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di www.inotek.org. Dan kirim formulir yang telah diisi ke kompetisihijau@inotek.org

Dari peserta yang masuk akan dipilih 10 finalis. Bagi 10 finalis yang terpilih baru akan membuat Rencana Bisnis yang akan dipresentasikan di depan dewan juri di Jakarta. Pengumuman untuk 10 finalis yang terpilih akan dilakukan pada tanggal 25 Maret 2014. Pengumuman pemenang akan dilakukan di acara Forum Inovasi Teknologi 2014 yang akan diadakan oleh INOTEK di Jakarta bulan Juni 2014.