Teknopreneur.com – Bukan main, saat indonesia masih sibuk merealisasikan Teknologi komunikasi generasi keempat atau biasa dikenal 4G LTE (Long Term Evolution) yang saat ini baru bisa dicicipi secara terbatas di Jabodetabek saja—kendati yang menyediakan bukan dari operator telekomunikasi, Korea Selatan sudah sibuk membangun 5G.

Pemerintah negeri ginseng ini, mengumumkan akan menggelontorkan investasi senilai 1,6 triliun won atau senilai Rp18 triliun demi membangun layanan nirkabel generasi 5 atau teknologi 5G. Kementerian Sains Korea Selatan memperkirakan layanan teknologi yang memiliki kecepatan 1.000 kali lipat dari pendahulunya ini sudah diterapkan pada enam tahun yang akan datang.

“Kami telah membantu mendorong pertumbuhan nasional dengan layanan 2G pada 1990-an, 3G pada 2000-an dan 4G sekitar 2010. Kini tiba waktunya untuk mengambil langkah penjajakan guna mengembangkan 5G,” kata kementerian itu seperti dikutip AFP.

“Negara-negara Eropa, China dan AS tengah melakukan upaya-upaya agresif dalam mengembangkan teknologi 5G…dan kami yakin akan ada kompetisi sengit di pasar ini pada beberapa tahun,” sambung kementerian itu.

Dengan teknologi 5G ini, Rakyat Korea Selatan akan menikmati layanan internet super cepat yang memungkinkan mereka mendownload satu film penuh dalam satu detik. Apalagi hanya mengupload foto atau mengirim email. Jangan-jangan malah lebih cepat dari bayangannya.