Teknopreneur.com – Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng beberapa instansi terkait untuk menyelenggarakan program terpadu guna menghasilkan biogas dari limbah hewan yang ditujukan bagi usaha produktif. Instansi terkait tersebut ialah, Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta pemerintah daerah. Setiap lembaga mempunyai peran dan fungsi khusus sesuai kompetensinya.

Bentuk konkret yang telah dilaksanakan dalam program sinergi itu adalah mengurangi limbah hewani yang selama ini dinilai telah mencemari sebagian Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Jawa Barat. Limbah Hewani di DAS Citarum meresahkan masyarakat sekitar yang mayoritas melakukan budidaya ikan mas. Kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi limbah dikawasan DAS Citarum saat ini melalui pembuatan pelet atau pakan ikan.

Limbah tenak diolah menjaadi biogas sebagaai sarana melaksanakan produksi pelet. Kementerian KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya memfasilitasi pengadaan alat pembuatan pelet ikan. Kementerian Koperasi dan UKM membangun digester biogas. Proses lainnya dibantu Dinas koperasi dan UKM Cianjur, Jawa Barat.