Teknopreneur.com – Meskipun bisnis anda masih berkembang dan termasuk ke dalam kategori kecil, anda harus berinovasi agar usaha anda bisa bertumbuh. Berikut ini kami uraikan dengan singkat lima cara menumbuhkan bisnis anda ke depan dengan inovasi tanpa banyak mengeluarkan banyak biaya.

Selama ini, pertumbuhan bisnis selalu diidentikan dengan kemampuan investasi dan pengembangan. Seringkali, perusahaan bermodal kecil selalu kesulitan dalam hal ini. Namun, anda bisa memaksimalkan pertumbuhan bisnis anda dengan budget yang ‘hemat’ dengan memanfaatkan teknologi. Apa saja?

1. Manfaatkan Ponsel

Anda mungkin sudah menghabiskan banyak waktu dan uang disebuah situs yang populer demi menunjukkan produk barang dan jasa anda. Namun, jika situs tersebut tidak memiliki versi mobile, lebih baik tinggalkan saja.

Anda seharusnya serius mempertimbangkan dalam mengembangkan aplikasi mobile untuk bisnis Anda. Cara termudah bagi calon klien untuk berinteraksi dengan perusahaan Anda (apabila tidak tatap muka) adalah melalui smartphone dan tablet pelanggan anda. Aplikasi yang anda gunakan pun tidak harus sarat fitur. Yang diperlukan hanya cara sederhana untuk klien agar bisa mendapatkan akses ke informasi produk, dan jasa anda.

2. Gunakan Komputasi Awan

Anda dapat memperluas perusahaan anda dengan mengadopsi solusi office suite berbasis cloud computing (komputasi awan) yang bisa menjadi one-stop shop yang akan mengisi banyak kebutuhan seperti faktur, pemasaran, keuangan, dan banyak lagi.

Awan juga merupakan sarana fantastis back up dan sinkronisasi data Anda, ini dapat memungkinkan Anda untuk dengan mudah melakukan sinkronisasi data Anda ke beberapa mesin. 

3. Cari Crowdfunding

Ketika anda sedang mengembangkan sebuah produk, coba tawarkan investasi dengan menjajal crowdfunding. Program maupun produk anda akan dikampanyekan sebagai bentuk penggalangan dana untuk berbagai kategori bisnis industri digital kreatif. Anda bisa dua manfaat sekaligus, yaitu mendapatkan dana sekaligus memesarkan gratis program dan produk anda untuk lebih dikenal.

4. Manfaatkan Media Sosial

Facebook dan Twitter kini tidak lagi hanya digunakan untuk mengirim sebuah foto kucing lucu, update status hubungan, dan berbagai snapshot momen kecil dalam hidup. Perubahan perilaku komunikasi sosial telah menjadi cara di mana kini bisnis dapat dengan mudah (dan murah) terhubung ke klien mungkin dan pelanggannya. Anda bisa memanfaatkan Facebook dan Twitter sebagai sarana promosi yang bagus.

Selain di kedua medsos tadi, anda juga tidak boleh melupakan Youtube. Anda bisa membuat video pendek tentang perusahaan, produk atau program anda dan diuanggah melalui video di Youtube. Atau, jika dana anda memungkinkan bisa memasang iklan disini.

5. Tinggalkan yang ‘Usang’

Perkembangan teknologi, kini telah merubah tehnik pemasaran dan kegiatan marketing yang bukan melulu ditawarkan melalui ribuan brosur dan flyer yang dicetak dan dibagikan di Mal. Anda harus gunakan cara yang lebih dipandang modern dan mengikuti trend bagi generasi muda dengan memanfaatkan teknologi. Selain karena memiliki biaya yang jauh lebih rendah, pelanggan (klien terutama yang lebih muda) akan melihat bahwa produk anda memimpin atau mengikuti tren saat ini. 

Kemampuan untuk memasuki pasar klien yang lebih muda menjadi penting untuk pertumbuhan bisnis anda ke depan. Ingat, mereka adalah investasi yang baik bagi anda di masa depan.