Teknopreneur.com – Bank DKI dan OCBC NISP telah mulai menggunakan aplikasi eBiz XBRL untuk mempercepat sistem pelaporan keuangannya.

PT. eBiz Cipta Solusi hari ini telah mengumumkan tentang hal ini dalam pers rilisnya (31/10) sebagai solusi yang diklaim sesuai untuk digunakan oleh bank, perusahaan asuransi, institusi keuangan, hingga perusahaan sekuritas di Indonesia.

Dengan menggunakan eBiz XBRL Application, perusahaan mampu menyederhanakan sistem pelaporan ke Bank Indonesia, mengurangi beban pelaporan, menciptakan metode standarisasi informasi dan pelaporan yang responsif terhadap perubahan kebutuhan informasi dari BI.

“Melihat adanya kebutuhan mendesak pada industri finansial di Indonesia yang diwajibkan untuk mempublikasikan laporan keuangannya, maka kami menghadirkan eBiz XBRL Application. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pelaku bisnis di industri finansial Indonesia untuk menciptakan laporan keuangan berbahasa global yang dapat dipahami oleh analis manapun di dunia,” kata Dedy Lingga, DirutPT eBiz Cipta Solusi.

Bagi Bank Pelapor, implementasi Laporan Bank Umum Syariah (LBUS) & Laporan Stabilitas Moneter dan Keuangan (LSMK) berbasis XBRL memiliki tantangan tersendiri. XBRL sendiri merupakan hal yang sangat baru bagi dunia perbankan saat ini. Kendala waktu implementasi yang kurang dari satu tahun membuat bank tersebut harus sangat fokus untuk mengerti tentang XBRL dan cara  mengimplementasikan XBRL untuk pelaporan ke Bank Indonesia.

Menurut Meisari, Business Group Lead  dari Microsoft mengatakan bahwa eBiz XBRL Application menggunakan Microsoft SQL Server dan NET Framework untuk mengelola data kompleks dalam proses alur kerja dengan volume besar. Hal ini sangat dibutuhkan pada proses pengambilan keputusan dalam pengembangan bisnis. Dalam skala data yang lebih besar, SQL server mampu memberikan waktu respon yang lebih cepat saat melayani ratusan pengguna yang mengakses milyaran data. Kapabilitas ini dapat dikembangkan tidak hanya dalam Industri perbankan, namun di industri lainnya yang membutuhkan pengolahan data dalam jumlah besar.