Teknopreneur.com – Pengiriman smartphone di dunia terus meningkat, bertumbuh hingga 45% mencapai rekor penjualan 251 juta unit pada Q3 tahun 2013, dari 172.800.000 unit di tahun lalu, menurut laporan terbaru dari Strategy Analytics.

“Ini adalah pertama kalinya, bahwa pengiriman smartphone mencapai seperempat miliar unit pada satu kuartal. Smartphone menyumbang 6 di 10 dari semua ponsel dikapalkan di seluruh dunia. Pertumbuhan yang kuat di industri smartphone yang didorong oleh permintaan yang kuat untuk model LTE di daerah maju seperti AS dan perangkat 3G di pasar negara berkembang seperti China, “kata Linda Sui, seorang analis senior di Strategy Analytics.

Samsung masih merupakan merek yang paling populer, mampu mencatat hingga 35% dari semua volume penjualan smartphone di seluruh dunia. 

Sedangkan Apple menurut laporan tersebut mengirim 33.800.000 iPhone di seluruh dunia di Q3 2013, naik dari 26,9 juta pada tahun sebelumnya dengan pertumbuhan hanya 26% per tahun selama Q3 2013, atau sekitar setengah rata-rata industri smartphone secara keseluruhan yang sebesar 45%. Pangsa pasar smartphone Apple di dunia juga mengalami penurunan dari 16% pada tahun lalu menjadi 13%.

Huawei mengambil tempat posisi ketiga dengan pengiriman global tumbuh sebesar 67% per tahun menjadi 12,7 juta unit pada Q3 di tahun 2013. Meskipun pangsa pasar perusahaan China masih 5% dibawah Samsung atau Apple, itu masih membuat Huawei vendor smartphone terbesar ketiga di dunia. Besarnya pengiriman Huawei didorong oleh popularitas model P6 dan G610 di pasar domestiknya sendiri.

“Huawei tetap sangat kuat di pasar domestik (di China), namun posisinya kurang kuat di pasar utama seperti Amerika Serikat dan Eropa. Huawei perlu untuk meningkatkan agresifitas di pasar Amerika dan Eropa jika ingin serius menantang dua besar Samsung dan Apple tahun depan, “kata Woody Oh, analis senior di Strategy Analytics.

Selain Samsung, Apple dan Huawei, merek smartphone lainnya yang tercatat dalam lima kuartal ini adalah LG dan Lenovo.

LG, yang mendigitkan angka penjualan 12 juta smartphone di seluruh dunia atau berhasil melakukan penetrasi pangsa pasar 5% di Q3 tahun 2013 dengan pertumbuhan sebesar 71 % menjadikan LG sebagai perusahaan yang paling kuat pertumbuhannya di dalam negeri. Strategy Analytics mencatat bahwa pertumbuhan LG ini didorong oleh permintaan di Eropa, tetapi itu masih perlu untuk mengejar ketinggalan dengan pesaingnya di China dan India.

Sumber : Strategy Analytics