Teknopreneur.com – Satu lagi, inovasi karya anak Indonesia di bidang robotika: robot penerima tamu. Unibraw Malang Jawa Timur memasang prabu brawijaya sebagai penerima tamu dalam berbagai kegiatan di kampusnya. Prabu Brawijaya disini adalah nama sebuah robot buah karya yang dibuat di laboratorium robotika tehnik elektro hanya dalam kurun waktu satu bulan.

“Robot ini dibuat dalam waktu yang sangat singkat oleh tim dari laboratorium robotika Teknik Elektro, hanya satu bulan. Namun, robot ini sudah bisa menari dan mengayunkan bendera,” ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Prof Dr Mohammad Bisri di Malang seperti dikutip dari Antara pada Senin pagi (28/10).

Robot dengan tinggi 1,5 meter dan menggunakan bahan alumunium serta mika acrilyc ini sudah dilengkapi sensor gerak. Dapat bergerak ke segala arah dengan kemampuan mengeluarkan suara melalui speaker audio. Robot ini diketahui memiliki empat roda dan 20 buah motor DC servo di setiap sendi sebagai alat pergerakannya agar bisa leluasa dengan enam sel baterai lippo 23 volt sebagai sumber daya penggeraknya.

“Kami akan sempurnakan robot Prabu Brawijaya ini, sebab ke depan robot ini diproyeksikan sebagai penerima tamu di setiap acara yang digelar di UB,” ujar Prof Dr Mohammad Bisri.

Sumber: Antara