Teknopreneur.com – Beberapa waktu lalu di pertengahan bulan Oktober 2013, publik di Indonesia sempat dikagetkan dengan beredarnya video tidak senonoh sekelompok remaja belasan tahun di Jakarta yang dilakukan bersama teman-temannya di sebuah ruangan kelas. Namun, dengan menggunakan aplikasi ini barangkali hal tersebut akan bisa dicegah dan diantisipasi dengan adanya aplikasi gratis tersebut, anda atau anak anda terlindung dari intimidasi seperti itu.

Sebuah lembaga amal di Inggris , Childline yang berkonsentrasi pada isu-isu perlindungan anak dan remaja telah membuah aplikasi smartphone yang bisa digunakan oleh remaja untuk mencegah aksi porno: sexting.

Seperti yang dikutip dari laman resminya, aplikasi ini akan dapat membantu remaja untuk menolak permintaan mempertontonkan gerakan seksual, yang lazim disebut sebagai sexting. Aplikasi gratis dari Childline ini menawarkan penggunanya sebuah pilihan yang dapat memberikan “antisipasi cerdas” kepada pihak atau lawan bicara, teman chat mereka yang meminta tontonan tersebut.

Dalam sebuah survei terakhir yang dilakukan NSPCC/Childline terakhir, enam dari sepuluh remaja mengatakan mereka telah diminta untuk mempertontonkan gerakan seksual dirinya sendiri. Bahkan, Lembaga Child Exploitation and Online Protection Centre (CEOP) mengatakan bahwa dalam 12 kasus yang terjadi selama dua tahun, terdapat 424 anak yang ditekan dengan cara seperti itu, dan sebanyak 184  diantaranya berada di Inggris.

Peter Liver pegiat dari Childline seperti dikutip dari BBC Inggris mengatakan: “Kami berharap Zipit akan memberikan (kepada kaum remaja) alat untuk menolak tekanan agar mengirim, berbagi atau mengumpulkan gambar-gambar seperti itu” ujarnya.

Badan amal tersebut saat ini juga telah bekerja sama dengan Internet Watch Foundation, IWF, dalam misi menghapus gambar atau video gerakan seksual anak-anak remaja yang terlanjur tersebar di internet.

Aplikasi Zipit ini bisa diunduh gratis menggunakan smartphone Blackbbery App World, Google Play dan App Store.

Bagaimana, apakah anda memiliki anak remaja atau khawatir mendapat perlakuan tak senonoh dari lawan komunikan anda? Ini aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk anda tentunya.