Teknopreneur.com – Ditengah kemerosotan pengguna Smartphone BlackBerry, Viber sebuah layanan platform komunikasi mobile hari ini meluncurkan versi terbaru dari aplikasinya yang dikhususkan untuk platform Blackberry dengan menambahkan fitur baru dan pembaruan beberapa fitur yang telah ada.

“Blackberry merupakan basis pengguna terbesar ketiga untuk Viber dan merupakan bagian penting dari strategi kami untuk menggapai pengguna di berbagai platform”, kata Talmon Marco, CEO dari Viber.

Ia menyebutkan alasan kenapa Viber berminat menanamkan platformnya ke perangkat Blackberry lantaran pengguna smartphone asal Kanada ini memiliki basis pengguna yang sangat signifikan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Selain berbagai tambahan dan peningkatan fitur, versi terbaru Viber untuk Blackberry ini juga menambahkan dukungan untuk bahasa Indonesia, memudahkan pengguna Viber asal Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini.

Viber dikembangkan oleh Viber Media, perintis layanan kirim pesan dan VoIP mobile. Dengan Viber, semua orang di berbagai penjuru dunia bisa terhubung satu sama lain, secara cuma-cuma. Pengguna Viber dapat berkirim pesan teks, pesan foto, lokasi dan sambungan telepon HD (high definition) di perangkat iPhone®, Android,™ Windows Phone, BlackBerry®, Windows®, Mac, Symbian, Nokia S40 dan Bada melalui jaringan 3G/4G atau koneksi Wifi. Dengan terkoneksi lebih dari 200 juta pengguna di 193 negara.

Beberapa hari lalu, BBM sudah mulai tersedia bagi perangkat selain BlackBerry. Tak hanya lagi melulu diakses melalui Smartphonenya sendiri, melainkan dapat multi perangkat melalui iPhone dan Android. Namun, ditengah strategi bisnis Blackberry yang memberanikan diri mencoba aplikasi multi perangkat, Blackberry justru menanamkan Viber yang sudah lebih dulu berjaya sebagai platform multi perangkat yang dapat diakses oleh beragam merk smartphone.