Teknopreneur.com – Pada konferensi Asosiasi Penerbit Majalah Dunia pada Rabu kemarin (23/10), Bos Google Eric Schmidt mengatakan dalam pidatonya bahwa di masa depan, format majalah yang banyak digunakan adalah berformat digital dan itu berada di dalam tablet. Tidak lagi di format cetak ?

Schmidt yakin bahwa masa depan majalah tidak di cetak. Ia yakin bahwa masa depan majalah tidaklah berada di cetak lagi.

“Lima tahun dari sekarang, dunia akan merubah kebiasaannya dalam mengkonsumsi informasi dan literasi. Perangkat seperti tablet akan menggantikan media tradisional” prediksi Schmidt. Ia meyakini, bahwa nantinya Tablet akan terus berkembang menjadi sangat aplikatif.

“Termasuk aplikasi majalah , yang akan mengambil keuntungan dari grafik sosial masyarakat , data lokasi dan fitur lain untuk menawarkan pengalaman yang lebih interaktif , katanya .

“Tablet sekarang lebih populer daripada PC , ” ujarnya . ” Anda dapat membacanya , ia  akan tahu di mana Anda berada , memiliki accelerometer . Ada segala macam hal yang bisa dilakukan oleh penerbit melalui sebuah tablet dan tidak bisa dilakukan di media cetak. Ini sangat positif untuk penerbit ” tukasnya.

Belum lagi peluang bisnis baru dan terbuka lebar dari dunia iklan digital yang lebih mudah dan spesifik dalam melakukan penargetan. Namun, Schmidt tidak mengatakan bahwa iklan penerbit majalah akan dapat menyaingi dan bersaing dengan penargetan iklan di Facebook dan Google. Tetapi, pendapatan iklan tersebut mungkin saja akan melampaui media cetak.

“Saya tidak berfikir kita akan kembali ke buku” tutupnya.