Teknopreneur.com – Nama IsoHunt tentu tidak asing lagi bagi para penggemar film unduhan illegal di internet khususnya di Amerika dan Kanada. Namun para pembajak harus mulai membiasakan diri untuk tidak menggunakan situs ini lagi. IsoHunt dipastikan akan segera ditutup menyusul putusan pengadilan yang menyatakan situs ini bersalah dan harus ditutup.

Pemilik situs, Gary Fung asal Kanada, dilaporkan telah menyepakati pembayaran sebesar US$110 juta kepada asosiasi distribusi film Amerika, MPAA sebagai sanksi yang ditetapkan oleh pengadilan selain penutupan IsoHunt. Sementara Ketua MPAA Chris Dodd mengatakan keputusan ini merupakan “langkah maju yang besar” untuk perdagangan online yang sah.

Banyak perusahaan perfilman Hollywood seperti Disney, Paramount dan Twentieth Century Fox, menuduh situs ini dengan sengaja melanggar hak cipta dengan memasukkan jutaan film dan program televisi yang banyak digemari masyarakat.

Namun beruntung, pengadilan menganggap perusahaan Fung tidak akan mampu membayar denda sebesar US$110 juta. Dalam salinan keputusan persidangan disebutkan MPAA mungkin hanya menerima antara US$2 juta dan US$4 juta.

Dalam pembelaannya Fung mengatakan bahwa pengguna IsoHunt yang bertanggung jawab untuk penyebaran materi bajakan, bukan IsoHunt. Karena memang IsoHunt hanya sebagai sumber penyimpanan dari data-data pembajakan ilegal bukan menyajikan sendiri hasil bajakan mereka.

Setelah menjalani persidangan yang panjang selama lebih dari tujuh tahun, kini Fung sepakat untuk menyelesaikannya. Dia mengatakan: “Saya telah berjuang dengan baik, saya menyelesaikan lomba dan tetap dengan kepercayaan.”

Dan akhirnya dalam blog pribadinya, Fung menulis: “Sedih melihat bayi saya pergi.”