Teknopreneur.com– Memeriahkan persaingan antar penyedia layanan TV satelit berbayar di Indonesia, Lippo Group hari ini (9/9) meluncurkan Big TV. Tak hanya menyediakan 132 saluran standard definition (SD), Big TV juga menyediakan 16 saluran high definition (HD) bagi para pelanggannya.Lippo Group sendiri tak main-main untuk memasuki bisnis ini. Tak kurang dari US$300 juta dikucurkan untuk menyokong proyek bisnis TV satelit yang satu ini. Salah satunya adalah dengan peluncuran satelit Lippo Star 1 (KU Band MPEG4) tahun lalu di French Guiana.

Pangsa pasar TV satelit berbayar di Indonesia sendiri memang masih cukup besar. Data tahun 2012 dari Media Partners Asia menyebutkan penetrasi layanan TV berbayar saat ini hanya 4,6 persen dari total rumah tangga dengan televisi di Indonesia yang mencapai 40 juta. Big TV sendiri saat ini beroperasi dibawah bendera PT Technoves International bekerjasama dengan Sky Perfect JSAT Corporation-operator satelit terkemuka di Asia Pasifik.

Felix Ali Chendra, CEO Big TV sendiri cukup optimis pihaknya akan mampu menarget pelanggan hingga mencapai 3 juta selama 5 tahun mendatang. Sementara itu, saat ini baru tersedia sekitar 180 ribu set top box dan ditargetkan akan mencapai 500 ribu pada akhir September ini.