Teknopreneur.com – Pertama kali di Indonesia, masyarakat kabupaten Klaten sebentar lagi akan bisa menikmati  layanan jaringan internet dengan harga murah bagi masyarakat hingga ke pelosok desa dengan adanya balon wifi.

Program klaten go online atas prakarsa dari Kelompok Pengguna Linux Indonesia Klaten (KPLI KLATEN) ini, juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dan Telkom Indonesia. Melalui penandatanganan nota kesepakatan tanggal 16 Juli 2013 di Klaten.

Peluncuran balon Wifi udara tersebut rencananya akan dilakukan bertepatan pada hari jadi Kabupaten Klaten  ke-209 yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2013. dilakukan setelah upacara pada hari Senin 29 Juli 2013.

Diharapkan dengan mengoptimalkan penggunaan internet dan komputer ini, akan dapat menaikan taraf hidup masyarakat sehingga akan mendongkrak pendapatan asli daerah. Diawali dengan memberikan pelatihan dan desa / kampung IT. Bentuk kegiatannya adalah memberikan pelatihan pengenalan internet dan komputer kepada masyarakat dan pengrajin batik, khususnya untuk penggunaan internet dan computer

Selain membentuk Desa IT dan pelatihan ke pengrajin batik, nantinya juga akan melakukan kerjasama, pembinaan dan pelatihan khususnya untuk sekolah-sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi open source dan Linux pada dunia pendidikan.